Marketing di media sosial sulit diabaikan akhir-akhir
ini, kami mengajak rekan-rekan dari Konsultanfacebook.com untuk menulis
artikel tentang strategi marketing di Facebook. Konsultanfacebook.com
didirikan oleh Ilham Taufiq dan Miftahul Khair, yang didedikasikan untuk
membantu para UKM dalam hal pemasaran di media sosial khususnya
Facebook.
Setiap orang, terlebih lagi marketer, ingin agar fans di Fan Pagenya terus bertambah. Fans ada yang tertarget dan ada juga yang tidak tertarget. Fans tertarget adalah orang-orang yang memang menyukai dan mengapresiasi bisnis kita di Facebook sebagaimana sebagian besar dari mereka mengapresiasinya di dunia nyata. Hanya fans yang relevan yang benar-benar dapat membantu bisnis kita di facebook, dan sebaliknya untuk fans yang tidak tertarget.
Salah satu cara yang sangat cepat untuk mendapatkan fans yang tertarget adalah dengan menggunakan fitur FB Ads. Di bawah ini ada 8 teknik FB Ads yang telah terbukti mendatangkan fans tertarget dengan sangat cepat:
Page Like Sponsored Stories
Ini adalah cara termudah untuk menambah jumlah Likes/Fans di Facebook. Page Like Sponsored Stories adalah sebuah ads yang menampilkan “Teman dari xxx Menyukai Brand yyy”. Ads seperti ini hanya menargetkan teman dari fans, dan dapat tampil di sidebar, newsfeed pc/laptop, atau newsfeed facebook mobile.
Ads ini sifatnya social proof, atau pengakuan social. Logikanya adalah “Jika teman saya menyukai sesuatu, bukankah saya juga harus menyukainya?”
belajar cara FB ads
Gunakan Targeting Dasar yang Relevan
Ketika anda membuat sebuah ads di Facebook, anda wajib menggunakan targeting yang relevan. Dibawah ini adalah beberapa klasifikasi yang dapat anda gunakan untuk menjaring orang-orang yang benar-benar peduli terhadap brand anda dan agar anda tidak menghamburkan uang dengan FB Ads karena ads ditampilkan kepada orang-orang yang tidak tertarget:
Demikian untuk soal geografi, lakukan klasifikasi yang sama dengan poin-poin berikutnya seperti umur, jenis kelamin, dan lain-lain. Intinya adalah anda harus berorientasi karakteristik konsumen.
Gunakan Precise Interest dan Pengembangan Precise Interest dalam Targeting
Menargetkan orang-orang yang relevan dengan jangkauan yang lebih luas dan akurat dapat dilakukan dengan menetukan Precise Interest yang tepat. Selain itu anda dapat membidik konsumen dari fan page lainnya, termasuk konsumen kompetitor anda. Misalkan anda seorang marketer laptop. Anda bisa membidik pusat penjualan laptop seperti Bhinneka.com dan Glodok Elektronik. Atau institusi tempat berkumpulnya kalangan intelektual yang menggunakan laptop seperti kampus Binus University. Bisa juga merek laptop yang paling diminati di dalam negri seperti Acer. Atau kebiasaan spesifik pengguna laptop seperti Hacking
Jika anda tidak menemukan precise interest atau fan page yang relevan secara langsung dengan niche anda, maka anda bisa menggunakan pilihan Broad Categories dan Suggested Like and Interest yang merupakan pengembangan Precise Interest.
Untitled-300x173
Gunakan Ads Marketplace
Ads Marketplace adalah ads yang muncul di bagian sidebar browser. Beda halnya dengan sponsored stories, anda dapat mengubah gambar, judul, dan body content ads ini.
Ads-David-White-4-6-13
Ads seperti ini membutuhkan variasi, sehingga diperlukan split testing. Coba gunakan beberapa variasi judul, gambar, body content, dan targeting yang berbeda untuk menemukan ads yang bekerja paling baik.
Gunakan Facebook Sponsored Search Ads
Ketika audience di Fan Page anda masih dalam tahap awal pertumbuhan, anda bisa menggunakan Facebook Sponsored Search. Anda dapat membidik Fan Page yang lebih populer dan relevan yang sering dicari oleh para pengguna. Fan Page apa saja yang kira-kira di-Like oleh calon audience anda. Cara membuat Facebook Sponsored Ads dapat anda temukan selengkapnya di sini
Bidik List Email
Jika anda saat ini punya database email, maka owner dari email tersebut bisa anda target melalui ads Facebook dengan fitur custom audience.
Targetkan orang-orang yang ada di database email yang belum menjadi fans dengan ads marketplace atau ads Sponsored Search agar mereka dapat diingatkan untuk selain menjadi subscriber anda, mereka juga jadi fans anda. Jika mereka menjadi fans di Fan Page anda, sangat bisa dipastikan conversion rate di Fan Page anda akan jadi lebih tinggi.
cara belajar marketing media sosial facebook
Target Audience Serupa
Jika orang-orang yang berada dalam list email anda adalah orang-orang yang berkualitas, namun jumlahnya sedikit, maka anda bisa membidik orang-orang yang berkualitas dan potensial lainnya dengan pilihan “Create Similar Audience” pada fitur Power Editor.
belajar marketing facebook ads media sosial
Buatlah Sebuah Kontes
Cara lain yang cukup baik untuk mendapatkan Like adalah dengan mengadakan kontes. Sekali lagi pastikan hadiah dari kontes itu relevan dengan produk atau servis anda. Walaupun tanpa ads pun kontes anda tetap bisa berjalan, namun kami mendorong anda untuk menggunakan ads agar kontes anda lebih viral dan powerful.
Setiap orang, terlebih lagi marketer, ingin agar fans di Fan Pagenya terus bertambah. Fans ada yang tertarget dan ada juga yang tidak tertarget. Fans tertarget adalah orang-orang yang memang menyukai dan mengapresiasi bisnis kita di Facebook sebagaimana sebagian besar dari mereka mengapresiasinya di dunia nyata. Hanya fans yang relevan yang benar-benar dapat membantu bisnis kita di facebook, dan sebaliknya untuk fans yang tidak tertarget.
Salah satu cara yang sangat cepat untuk mendapatkan fans yang tertarget adalah dengan menggunakan fitur FB Ads. Di bawah ini ada 8 teknik FB Ads yang telah terbukti mendatangkan fans tertarget dengan sangat cepat:
Page Like Sponsored Stories
Ini adalah cara termudah untuk menambah jumlah Likes/Fans di Facebook. Page Like Sponsored Stories adalah sebuah ads yang menampilkan “Teman dari xxx Menyukai Brand yyy”. Ads seperti ini hanya menargetkan teman dari fans, dan dapat tampil di sidebar, newsfeed pc/laptop, atau newsfeed facebook mobile.
Ads ini sifatnya social proof, atau pengakuan social. Logikanya adalah “Jika teman saya menyukai sesuatu, bukankah saya juga harus menyukainya?”
belajar cara FB ads
Gunakan Targeting Dasar yang Relevan
Ketika anda membuat sebuah ads di Facebook, anda wajib menggunakan targeting yang relevan. Dibawah ini adalah beberapa klasifikasi yang dapat anda gunakan untuk menjaring orang-orang yang benar-benar peduli terhadap brand anda dan agar anda tidak menghamburkan uang dengan FB Ads karena ads ditampilkan kepada orang-orang yang tidak tertarget:
- Geografi (Negara, provinsi, kota)
- Umur
- Jenis kelamin
- Ketertarikan terhadap lelaki atau wanita
- Status hubungan (menikah, lajang, atau mungkin tidak dispesifikkan)
- Bahasa
- Pendidikan (sekolah menengah, kuliah, atau lulus kuliah, atau tidak terspesifikasi)
- Tempat bekerja (workplace)
Demikian untuk soal geografi, lakukan klasifikasi yang sama dengan poin-poin berikutnya seperti umur, jenis kelamin, dan lain-lain. Intinya adalah anda harus berorientasi karakteristik konsumen.
Gunakan Precise Interest dan Pengembangan Precise Interest dalam Targeting
Menargetkan orang-orang yang relevan dengan jangkauan yang lebih luas dan akurat dapat dilakukan dengan menetukan Precise Interest yang tepat. Selain itu anda dapat membidik konsumen dari fan page lainnya, termasuk konsumen kompetitor anda. Misalkan anda seorang marketer laptop. Anda bisa membidik pusat penjualan laptop seperti Bhinneka.com dan Glodok Elektronik. Atau institusi tempat berkumpulnya kalangan intelektual yang menggunakan laptop seperti kampus Binus University. Bisa juga merek laptop yang paling diminati di dalam negri seperti Acer. Atau kebiasaan spesifik pengguna laptop seperti Hacking
Jika anda tidak menemukan precise interest atau fan page yang relevan secara langsung dengan niche anda, maka anda bisa menggunakan pilihan Broad Categories dan Suggested Like and Interest yang merupakan pengembangan Precise Interest.
Untitled-300x173
Gunakan Ads Marketplace
Ads Marketplace adalah ads yang muncul di bagian sidebar browser. Beda halnya dengan sponsored stories, anda dapat mengubah gambar, judul, dan body content ads ini.
Ads-David-White-4-6-13
Ads seperti ini membutuhkan variasi, sehingga diperlukan split testing. Coba gunakan beberapa variasi judul, gambar, body content, dan targeting yang berbeda untuk menemukan ads yang bekerja paling baik.
Gunakan Facebook Sponsored Search Ads
Ketika audience di Fan Page anda masih dalam tahap awal pertumbuhan, anda bisa menggunakan Facebook Sponsored Search. Anda dapat membidik Fan Page yang lebih populer dan relevan yang sering dicari oleh para pengguna. Fan Page apa saja yang kira-kira di-Like oleh calon audience anda. Cara membuat Facebook Sponsored Ads dapat anda temukan selengkapnya di sini
Bidik List Email
Jika anda saat ini punya database email, maka owner dari email tersebut bisa anda target melalui ads Facebook dengan fitur custom audience.
Targetkan orang-orang yang ada di database email yang belum menjadi fans dengan ads marketplace atau ads Sponsored Search agar mereka dapat diingatkan untuk selain menjadi subscriber anda, mereka juga jadi fans anda. Jika mereka menjadi fans di Fan Page anda, sangat bisa dipastikan conversion rate di Fan Page anda akan jadi lebih tinggi.
cara belajar marketing media sosial facebook
Target Audience Serupa
Jika orang-orang yang berada dalam list email anda adalah orang-orang yang berkualitas, namun jumlahnya sedikit, maka anda bisa membidik orang-orang yang berkualitas dan potensial lainnya dengan pilihan “Create Similar Audience” pada fitur Power Editor.
belajar marketing facebook ads media sosial
Buatlah Sebuah Kontes
Cara lain yang cukup baik untuk mendapatkan Like adalah dengan mengadakan kontes. Sekali lagi pastikan hadiah dari kontes itu relevan dengan produk atau servis anda. Walaupun tanpa ads pun kontes anda tetap bisa berjalan, namun kami mendorong anda untuk menggunakan ads agar kontes anda lebih viral dan powerful.
Posting Komentar