Facebook adalah salah satu situs social media yang bisa membantu dalam
kegiatan promosi bisnis anda karena situs social media ini memiliki user
yang sangat banyak dan terus bertambah dari waktu ke waktu. Boleh
dikatakan bahwa saat ini memiliki facebook page adalah sebuah keharusan
dalam kegiatan inbound marketing bisnis anda. Ada
perubahan yang dilakukan oleh pihak facebook pada Facebook page untuk
bisnis baik pada skala kecil – perubahan fitur baru yang selalu muncul
dari waktu ke waktu – maupun perubahan dalam skala yang lebih besar –
pada saat perubahan facebook dalam bentuk timeline.
Ga usah terlalu pusing untuk mencari-cari informasi bagaimana cara membuat Facebook page untuk bisnis anda, atau mencari informasi bagaimana membuat social networking anda menjadi lebih profesional. Saya akan mencoba menjelaskan caranya pada postingan ini – tidak perduli anda seorang ahli atau pemula – anda dapat membuat facebook page anda dengan cara yang baik.
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam membuat facebook page untuk bisnis anda:
Ga usah terlalu pusing untuk mencari-cari informasi bagaimana cara membuat Facebook page untuk bisnis anda, atau mencari informasi bagaimana membuat social networking anda menjadi lebih profesional. Saya akan mencoba menjelaskan caranya pada postingan ini – tidak perduli anda seorang ahli atau pemula – anda dapat membuat facebook page anda dengan cara yang baik.
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam membuat facebook page untuk bisnis anda:
1. Pertama, login ke akun Facebook Anda. Setelah anda login ke akun FB lalu buka URL ini di tab baru pada browser anda https://www.facebook.com/ pages/create.php
Pada halaman tersebut anda akan diberikan 6 klasifikasi, anda harus memilih salah satu dari klasifikasi tersebut. Ini adalah klasifikasinya:
Pada halaman tersebut anda akan diberikan 6 klasifikasi, anda harus memilih salah satu dari klasifikasi tersebut. Ini adalah klasifikasinya:
- Local business or place
- Company, organization or institution
- Brand or product
- Artist, band or public figure
- Entertainment
- Cause or Community
Memilih klasifikasi yang tepat akan membantu peringkat anda dalam
pencarian yang relevan di Facebook sesuai dengan informasi yang anda
berikan pada page anda nantinya, jadi pastikan anda memilih kategori
yang sesuai dengan bisnis anda. Setelah memilik kategori FB page anda,
lalu anda harus memasukkan nama bisnis anda, centang kotak “I agree to
Facebook page terms” lalu klik get started.
2. Isi informasi tentang page Anda
Upload foto untuk page bisnis anda – Untuk membuat halaman FB bisnis anda keliahatan lebih profesional sebaiknya anda memasang foto dengan kualiatas resolusi yang baik karena foto itu akan terlihat setiap anda membuat postingan baru, news feed atau membalas komentar orang lain. Sebaiknya anda memasang logo bisnis anda atau sebuah foto yang bisa mewakili bisnis anda. Disarankan untuk memasang foto dengan ukuran 180×180 pixel pada profile picture anda, dan memiliki kualitas gambar yang baik.
Mengisi halaman “About” untuk FB page bisnis anda – Pada bagian ini anda perlu mengisinya dengan uraian singkat mengenai bisnis anda, mungkin anda perlu mengisinya dengan 2-3 kalimat agar deskripsi bisnis anda lebih jelas. Pastikan anda juga memasukkan URL atau link menuju website bisnis anda.
3. Gunakan Panel Admin Anda
Panel admin adalah halaman utama FB page anda. Pada bagian ini anda akan melihat berbagai fitur, opsi untuk mengoptimalkan FB page anda dan memonitor kegiatan di dalam page anda.
A. Edit Page
Pilihan edit page menyediakan beberapa pilihan. Yang pertama adalah opsi untuk update info yang memungkinkan kita untuk memperbarui informasi dasar pada FB page anda misalnya anda ingin mengganti deskripsi pada bagian “About”.
Anda juga dapat mengatur peran administrator untuk halaman FB page anda. Hal ini memungkinkan anda untuk mengundang karyawan atau rekan bisnis anda untuk menjadi admin FB anda. Mereka dapat membantu anda untuk membalas komentar atau update status tentang bisnis anda tanpa harus memberikan kekuatan penuh atas halaman FB page anda. Opsi lain yang perlu anda perhatikan adalah pengaturan notifikasi dan ijin untuk menambah halaman.
B. Membangun Audience Anda
Biasanya orang akang sangat bersemangat ketika FB page mereka telah selesai dibuat, kemudian mereka mengundang orang lain untuk melihat halaman FB bisnis mereka. Menurut saya ini adalah langkah yang tidak baik buat anda karena audience anda tidak melihat apa-apa pada halaman FB bisnis anda.
Sebaiknya anda tidak terlalu terburu-buru mengundang orang lain untuk melihat FB page bisnis anda, akan lebih baik lagi bila anda mengisi halaman itu dengan konten. Setalah anda mengisinya dengan konten, lalu anda bisa mengundang karyawan, teman, keluarga anda untuk berinteraksi dalam page anda dan meminta mereka untuk men-share isi page anda. Nah setelah interaksi lebih banyak dan anda telah memiliki beberapa penggemar, akan lebih baik bila anda mempromosikan FB page bisnis anda melalui alat iklan pada Facebook.
2. Isi informasi tentang page Anda
Upload foto untuk page bisnis anda – Untuk membuat halaman FB bisnis anda keliahatan lebih profesional sebaiknya anda memasang foto dengan kualiatas resolusi yang baik karena foto itu akan terlihat setiap anda membuat postingan baru, news feed atau membalas komentar orang lain. Sebaiknya anda memasang logo bisnis anda atau sebuah foto yang bisa mewakili bisnis anda. Disarankan untuk memasang foto dengan ukuran 180×180 pixel pada profile picture anda, dan memiliki kualitas gambar yang baik.
Mengisi halaman “About” untuk FB page bisnis anda – Pada bagian ini anda perlu mengisinya dengan uraian singkat mengenai bisnis anda, mungkin anda perlu mengisinya dengan 2-3 kalimat agar deskripsi bisnis anda lebih jelas. Pastikan anda juga memasukkan URL atau link menuju website bisnis anda.
3. Gunakan Panel Admin Anda
Panel admin adalah halaman utama FB page anda. Pada bagian ini anda akan melihat berbagai fitur, opsi untuk mengoptimalkan FB page anda dan memonitor kegiatan di dalam page anda.
A. Edit Page
Pilihan edit page menyediakan beberapa pilihan. Yang pertama adalah opsi untuk update info yang memungkinkan kita untuk memperbarui informasi dasar pada FB page anda misalnya anda ingin mengganti deskripsi pada bagian “About”.
Anda juga dapat mengatur peran administrator untuk halaman FB page anda. Hal ini memungkinkan anda untuk mengundang karyawan atau rekan bisnis anda untuk menjadi admin FB anda. Mereka dapat membantu anda untuk membalas komentar atau update status tentang bisnis anda tanpa harus memberikan kekuatan penuh atas halaman FB page anda. Opsi lain yang perlu anda perhatikan adalah pengaturan notifikasi dan ijin untuk menambah halaman.
B. Membangun Audience Anda
Biasanya orang akang sangat bersemangat ketika FB page mereka telah selesai dibuat, kemudian mereka mengundang orang lain untuk melihat halaman FB bisnis mereka. Menurut saya ini adalah langkah yang tidak baik buat anda karena audience anda tidak melihat apa-apa pada halaman FB bisnis anda.
Sebaiknya anda tidak terlalu terburu-buru mengundang orang lain untuk melihat FB page bisnis anda, akan lebih baik lagi bila anda mengisi halaman itu dengan konten. Setalah anda mengisinya dengan konten, lalu anda bisa mengundang karyawan, teman, keluarga anda untuk berinteraksi dalam page anda dan meminta mereka untuk men-share isi page anda. Nah setelah interaksi lebih banyak dan anda telah memiliki beberapa penggemar, akan lebih baik bila anda mempromosikan FB page bisnis anda melalui alat iklan pada Facebook.
4. Isi halaman Facebook Page dengan konten
- Memasang Foto Cover
- Mengatur Tabs
- Membuat Posts
- Lakukan pengamatan
5. Ukur upaya yang telah anda lakukan
Anda telah membangun facebook bisnis anda dengan baik dan dapat mewakili bisnis anda. Sekarang yang perlu anda lakukan adalah mengukur upaya yang telah anda lakukan untuk mengetahui dan memastikan keuntungan yang anda dapatkan dari Facebook marketing. Pada admin panel juga tersedia pilihan “View Insight” yang berfungsi untuk memantau keterlibatan fans dan pengunjung. Hal ini sangat diperlukan untuk membantu anda mengetahui apa saja strategi yang berhasil dan strategi yang kurang berhasil sehingga bisnis anda semakin bertumbuh dan dapat beradaptasi dengan perkembangan marketing melalui Facebook.
Cukup panjang juga artikel ini, hehehe. Hal yang dijelaskan di atas adalah beberapa langkah penting dalam membuat facebook page untuk bisnis anda. Jika anda memiliki tips tambahan dalam pemasaran melalui facebook silahkan share melalui komentar, terimakasih!
Anda telah membangun facebook bisnis anda dengan baik dan dapat mewakili bisnis anda. Sekarang yang perlu anda lakukan adalah mengukur upaya yang telah anda lakukan untuk mengetahui dan memastikan keuntungan yang anda dapatkan dari Facebook marketing. Pada admin panel juga tersedia pilihan “View Insight” yang berfungsi untuk memantau keterlibatan fans dan pengunjung. Hal ini sangat diperlukan untuk membantu anda mengetahui apa saja strategi yang berhasil dan strategi yang kurang berhasil sehingga bisnis anda semakin bertumbuh dan dapat beradaptasi dengan perkembangan marketing melalui Facebook.
Cukup panjang juga artikel ini, hehehe. Hal yang dijelaskan di atas adalah beberapa langkah penting dalam membuat facebook page untuk bisnis anda. Jika anda memiliki tips tambahan dalam pemasaran melalui facebook silahkan share melalui komentar, terimakasih!



Posting Komentar